Pustaka : Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah : Dr. Euis Karwati, Donni Juni Priansa
Buku "Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah: Membangun Sekolah yang Bermutu" ditulis oleh Dr. Euis Karwati dan Dr. Donni Juni Priansa. Buku ini pertama kali diterbitkan oleh Alfabet pada tahun 2013. citeturn0search3 Edisi kedua buku ini diterbitkan pada tahun 2016, dengan ISBN 978-602-7825-35-2 dan memiliki 304 halaman. citeturn0search1
Buku ini membahas berbagai aspek penting terkait kinerja dan profesionalisme kepala sekolah dalam upaya membangun sekolah yang bermutu. Beberapa topik yang dibahas meliputi:
-
Pendidikan Kontemporer: Perubahan paradigma pendidikan, peningkatan mutu pendidikan, administrasi pendidikan, efektivitas dan efisiensi sekolah, serta peran dewan pendidikan dan komite sekolah.
-
Kinerja dan Mutu Sekolah: Pengertian dan fungsi sekolah, mutu pendidikan dan pembelajaran, indikator mutu sekolah, strategi peningkatan mutu, penjaminan mutu, standar nasional pendidikan, manajemen berbasis sekolah, budaya sekolah yang efektif, serta partisipasi masyarakat dan orang tua.
-
Kinerja dan Peran Strategis Kepala Sekolah: Peran kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan, manajemen berbasis sekolah, penciptaan guru profesional, pembinaan karakteristik guru, peningkatan motivasi kerja, manajemen pembelajaran dan sumber daya manusia, serta peran sebagai manajer administratif.
-
Profesionalisme Kepala Sekolah: Pengertian profesionalisme, ciri-ciri kepala sekolah profesional, kompetensi yang harus dimiliki, serta tugas pokok kepala sekolah.
-
Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah: Pengertian manajemen, teori dan pendekatan manajemen, fungsi-fungsi manajemen, keterampilan manajerial, serta pengembangan sekolah efektif.
-
Kepemimpinan Kepala Sekolah: Pengertian kepemimpinan, fungsi pemimpin, perspektif dan metode kepemimpinan, ciri dan sifat kepala sekolah sebagai pemimpin, nilai-nilai kepemimpinan, gaya dan dimensi kepemimpinan, kepemimpinan transformasional dan visioner, serta organisasi pembelajar.
-
Supervisi Kepala Sekolah: Pengertian supervisi, tujuan dan fungsi supervisi pendidikan, prinsip supervisi, kompetensi kepala sekolah sebagai supervisor, supervisi akademik dan manajerial, supervisi klinis, faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja supervisi, serta teknik supervisi kelompok dan individual.
-
Penilaian Kinerja Kepala Sekolah: Pengertian dan tujuan penilaian kinerja, unsur dan kriteria yang dinilai, syarat efektivitas penilaian, elemen dan metode penilaian kinerja, bias dalam penilaian, prosedur pelaksanaan penilaian, serta pemberian nilai dalam penilaian kinerja kepala sekolah.
Buku ini dapat menjadi referensi berharga bagi praktisi pendidikan, khususnya kepala sekolah, dalam meningkatkan kinerja dan profesionalisme untuk mencapai mutu sekolah yang lebih baik.
Komentar
Posting Komentar