Skenario Pembelajaran Luar Kelas: Penjualan Langsung Produk Perawatan Diri

Skenario Pembelajaran Luar Kelas: Penjualan Langsung Produk Perawatan Diri

1. Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu:

  • Menjelaskan konsep penjualan langsung.

  • Melakukan demonstrasi praktik menjual produk (sabun, odol, sampo, sikat gigi).

  • Melakukan komunikasi persuasif terhadap calon konsumen.

  • Mencatat transaksi dan membuat laporan sederhana.


2. Lokasi Kegiatan

Lingkungan sekolah: halaman, area sekitar kelas, atau lapangan sekolah dengan simulasi pasar mini.


3. Alur Skenario Pembelajaran

A. Pembukaan (10 menit)

  1. Guru mengajak siswa ke luar kelas dan menjelaskan bahwa pembelajaran hari ini bersifat praktik langsung.

  2. Guru menjelaskan konsep Direct Selling secara singkat:

    • Tatap muka

    • Komunikasi dua arah

    • Mendemonstrasikan manfaat produk

  3. Guru membagikan kelompok kecil (4–5 orang per kelompok).


B. Persiapan Produk dan Peran (15 menit)

Setiap kelompok mendapat paket produk:

  • Sabun mandi

  • Odol

  • Sampo

  • Sikat gigi

Setiap anggota kelompok memiliki peran:

  • Sales presenter (pembuka)

  • Product expert (menjelaskan manfaat)

  • Closer (menutup penjualan)

  • Pencatat transaksi

  • Pengamat konsumen (opsional)

Guru memberi format singkat untuk skrip penjualan:

  1. Salam & pembukaan

  2. Menawarkan produk

  3. Menjelaskan manfaat dan harga

  4. Penanganan keberatan

  5. Penutupan transaksi


C. Simulasi Penjualan Langsung (30–40 menit)

1. Simulasi Antar Kelompok

  • Setiap kelompok sebagai penjual, kelompok lain menjadi calon pembeli.

  • Penjual melakukan pendekatan:

    • Senyum, kontak mata, gestur positif.

  • Menawarkan produk dengan metode AIDA (Attention, Interest, Desire, Action).

  • Menjelaskan manfaat:

    • Sabun mandi: kebersihan, aroma, kelembutan kulit

    • Odol: kesehatan gigi & mulut

    • Sampo: kebersihan rambut, mengatasi ketombe

    • Sikat gigi: kekuatan dan kenyamanan penggunaan

2. Guru Mengamati

Guru menilai:

  • Kemampuan komunikasi

  • Sikap profesional

  • Penguasaan produk

  • Teknik closing

  • Kerja sama tim


D. Tantangan Lapangan (Opsional – 10 menit)

Guru membuat roleplay:

  • Konsumen keberatan harga

  • Konsumen ragu kualitas

  • Konsumen minta diskon

  • Konsumen bandingkan produk lain

Siswa wajib memberikan respons yang meyakinkan.


E. Pencatatan dan Laporan (10–15 menit)

Setiap kelompok menuliskan:

  • Jumlah transaksi yang berhasil (simulasi)

  • Strategi yang dipakai

  • Keberatan konsumen dan cara mengatasinya

  • Evaluasi kerja tim


F. Penutup dan Refleksi (10 menit)

Guru mengajak siswa berdiskusi:

  • Apa teknik komunikasi yang paling efektif?

  • Apa yang membuat konsumen tertarik?

  • Bagaimana memperbaiki kinerja penjualan?

Guru memberikan poin penguatan:

  • Pentingnya sikap ramah

  • Kejelasan informasi

  • Percaya diri

  • Manajemen produk sebelum ditawarkan


4. Penilaian

A. Penilaian Sikap

  • Kerjasama

  • Percaya diri

  • Kesopanan dalam berkomunikasi

B. Penilaian Pengetahuan

  • Menjelaskan konsep penjualan langsung

  • Mengetahui spesifikasi produk

C. Penilaian Keterampilan

  • Demonstrasi penjualan

  • Teknik persuasi

  • Closing

  • Pencatatan transaksi



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Pokok dan Fungsi Tata Usaha Sekolah

Berbagi Keberkahan Hidup : Keutamaan Menyantuni Anak Yatim Piatu di Bulan Ramadhan

Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Camat